Menstimulasi Anak Suka Membaca Day 1

Saya mencoba mengerjakan tantangan kali ini dengan mengajak anak saya memilih salah satu buku yang menjadi favoritnya saat ini untuk saya bacakan setelah kami pulang dari jamaah sholat Tarawih, ternyata ia memilih sakah satu dari paket  buku read it yourself  yang kami beli saat pameran BBW di Jakarta. Judul yang dua pilih adalah the enermous turnip yang artinya kira-kira lobak besar.

Sesuai dengan materi yang sudah diberikan sebelumnya Materi bisa dibaca di sini, keterlibatan, keteladanan dari orang tua adalah kunci penting dari keberhasilan meningkatkan minat baca anak, maka saya harus meluangkan waktu untuk; menyiapkan buku yang akan dibaca, read aloud untuk mereka, mengajak diskusi hasil dari yang mereka dengar, dan mengapresiasi mereka dengan mendokumentasikan buku yang pernah mereka baca di pohon literasi.

IMG_20170608_195030-01

Buku ini juga punya level, yang dibaca Ami sekarang adalah level 1 untuk anak yang bersiap mengambil langkah pertama dalam membaca. Halaman pembuka mengenalkan kata kunci dengan gambar. Tulisannya besar. Cerita dan gambarnya berhubungan.

Buku ini berbahasa Inggris, kadang saya membacakannya bahasa Inggris dulu sesuai tulisannya, kadang langsung saya modifikasi dalam bahasa Indonesia. Saat membaca, saya praktekkan saat ada kalimat He pulled and he pulled, but he couldn’t pull it up. Adegan mendorong jadi tambah dia penasaran, dengan tulisannya, bunyi bahasa inggrisnya, dan tentu saja ekspresi mamanya he he.

Di akhir cerita, saya menanyakan apa yang ditanam Kakek? Kepada siapa yang Kakek minta tolong agar membantunya menarik lobak besar? Kepada siapa anak perempuan minta tolong untuk membantunya menarik lobak besar?  Karena mereka akhirnya membutuhkan 4 orang dan seekor anjing untuk menarik lobak besar itu… Bayangkan berapa ukurannya he he.

Besok baca buku lagi ya nak… Dan saya mendap bonus, adiknya ikut membaca juga dengan suara keras, dengan bahasanya sendiri. Proses tidak akan mengkhianati hasil. Ciptakan kecintaan membacanya dahulu sebelum dia BISA baca.

 

Leave a Reply

