My Fashion Show Competition Experience

CTD14420177554

 

Saya sedang membuka group Whatsapp teman SMA (tidak perlu disebutkan angkatannya ya hehe). Bahasan group ini sangat beragam, mulai dari cari info jajanan paling khas dan terkenal di mana, info seleksi masuk sekolah dasar apa saja tesnya, koordinasi arisan rutin,ย  saling reuni antar anggota, saling support antar anggota yang lagi happy, sakit, punya anak, ulang tahun, sedang berduka dan sebagainya, ramai pokoknya.

event lomba beberapa ada yang share pada bulan Mei ini, salah satunya dari komunitas hijaber, yang mengadakan beragam lomba selama beberapa hari, dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang kelima. Hari pertama kalau tidak salah ada lomba hafidz qur’an untuk TPQ di sekitar, dilanjutkan acara lomba fashion show, lomba pemilihan miss hijaber, fashion show dewasa baik laki-laki maupun perempuan, yang ini tidak dilombakan, hari kedua ada talkshow dengan istri ust. solmed, siapa ya namanya? dan banyak lagi. Mulai hari pertama juga dimeriahkan dengan berbagai macam bazar produk-produk kuliner maupun non kuliner.

Nah, saya mengikuti lomba fashion show mom and kid nya. Saya menghubungi lewat WA salah satu panitia. Saya menanyakan teknis pelaksanaannya, karena ini pengalaman pertama saya dan anak mengikuti lomba peragaan busana. Kami mengisi biodata, memastikan peraturannya, tema lomba biar kami tidak salah kostum, kapan jam kami harus siap, durasi kami di atas panggung, bagaimana penilaiannya?

Persiapan satu minggu sebelum acara, saya sounding ke anak perempuan saya, mau tidak ikutan lomba fashion show? (padahal sudah daftar๐Ÿ˜€), alhamdulillah dia mau karena saya juga ikut katanya. Semangat saya jadi tutor pengarah gaya untuk penampilan kami nanti, kalau saya lihat lagi rekamannya, ibu saya langsung menahan tawa… Entah apa maksudnya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ pokoknya pede aja lagi.

Latihan hari pertama, saya mengajak Ami untuk mengikuti semua gerakan saya, saran ibu agar dibikin list gerakan yang mau diajarkan, ternyata setelah dipraktekkan dari 11 gerakan yang direncanakan, total hanya menghabiskan waktu 2 menit saja. Panitia memberi waktu maksimal 4 menit di atas panggung. Wah sudah tidak ada ide lagi.

Latihan berikutnya, berganti lagi gerakan yg mau diperagakan, kadang ada pose memutar, kadang tidak.. Maklum peragawati baru ๐Ÿ˜Š. Saya beri motivasi kepqda Ami agar jangan malu-malu saat ke panggung. Tenang… Ada Mama…

Latihan terus setiap hari fokus pada cara berjalan Ami, agar tidak seperti murid dipanggil gurunya, cepat sekali.. Dan belajar mau pose…

Menurut rundown acaranya, acara kami dimulai setelah lomba hafidz al qur’an pada pukul 15.00 dan akan ada technical meeting sebelum acara, yang isinya berupa contoh cara pose di cat walk. Jadi kami menyimpulkan harus siap di lokasi jam 14.30.

Persiapan rias dimulai pukul 13, alhadulillah bisa sampai di lokasi lomba jam 15.00 ternyata lama riasnya. Di lokasi kami berharap segera selesai lomba yang masih berjalan, ternyata banyak peserta lomba yang belum di test hafalannya, pertanyaan juri saya simak lumayan berbobot, seperti melanjutkan ayat, ditanya surat berapa dan ayat berapa, kalau Ami ikut lomba ini persiapannya bisa tahunan ๐Ÿ™Š.

Waktu menunjukkan pukul 16.00, acara sebelumnya belum selesai, dan Ami saya sibukkan dengan foto-foto sendiri untuk koleksi pribadi dan berkenalan dengan peserta lain. Pengalaman peserta lain sungguh hebat, ada yang rutin ikut lomba, tapi untuk yg couple seperti ini masih, rata-rata belum banyak pengalaman.

Ada yang sengaja membeli atau membuat baju sendiri agar bisa dipakai setelah acara. Kalau saya karena tema glamour, tidak mungkin saya pakai keseharian, jadi salah kostum nanti.

Ada yang anaknya masih kecil, mungkin usia 2 tahun ikut lomba. Lucu sekali, saya contoh semangat mamanya saja, caranya dia meyakinkan anak, membuat anaknya mau, atau bahkan anaknya tidak tahu kalau sedang ikut lomba.

16.30 acara baru dimulai, ahamdulillah, setelah Ami rewel mencari minum, dia kehausan. Menangis hanya mau air putih, tidak mau susu, atau yang lain. Dalam hati, lombanya belum mulai pakai acara nangis, riasannya diusap…

Hiks…

Bala bantuan datang, air yang dimaksud diambilkan suami, akhirnya tangisnya reda, dan dipinjami spon bedak padat dari teman peserta yang lain, dan kebetulan pas lombanya dimulai.

Susunan acara yang dilaksanakan setelah lomba dimajukan, itu yg menyebabkan kami menunggu lama, entah kenapa, kalau acara yang melibatkan anak gini, lebih baik diberitahukan sebelumnya, harus datang jam berapa, dan lombanya kapan, atau konfirmasi jamnya dimundundurkan, biar tidak berharap cemas.

Lombapun dimulai, saat konfirmasi tentang backsound lagu kami tidak diberitahu, dan akhirnya setelah technical meeting bagian sound system memainkan backsound lagu yang kurang islami, seperti pesta.

Lagunya acak, kadang dimatikan saat pergantian peserta, MC sibuk membaca sponsor acara pada peserta peserta pertama, sampai semua disebutkan, lama sekali durasinya, bahkan peserta susah masuk panghung pun mereka tidak tahu. Peserta kedua menunggu instruksi dari panitia, dan MC tidak lagi membacakan sponsor, hanya sebatas nama peserta dan kostum yang dipakai.

Giliran kami menuju ke panggung, alhamdulillah tidak ada insiden jatuh, Ami malu atau apa, plooong, cuma kok backsoundnya sdh mati saat kami belum kembali dari panggung, ih bapak sound system sensi ya๐Ÿ˜‚.

Total 12an pasang peserta memeriahkan acara ini. Lumayan banyak penontonnya, karena sudah bertepatan adzan maghrib, saya tidak menunggu sampai akhir. Kalau acaranya sesuai run down tidak sampai malam begini.

Bagaimana pengalamanmu? Pernah ikut lomba peragaan busana seperti saya? Dapat sponsor untuk bajunya? Pernah juara? Hikmah apa yang diambil, monggo share sama saya… Paling ga ini bisa jadikan alasan agar suami bisa saya suruh pakai jas, dia susah sekali saya suruh pakai jas, bahkan acara foto bersama pun lupa dia pakai jas, padahal sudah dibawa.

Ayo ikut lagi tahun depan…

 

#ibupembelajar

#mengikatmakna

#ODOPfor99days

#day60

#fashionshow

#fitrahestetika

 

camerancollage2017_05_14_063600

Leave a Reply

