Aliran Rasa Setelah Mengikuti Challenge Kemandirian

Aliran rasa kali ini saya tulis sehari menjelang deadline pengumpulan. Saya jadikan pula sebagai kenangan saya dalam membersamai anak-anak yang masih berumur 5 dan 2 tahun.

Apa yang saya coba latihkan bersama adalah kegiatan yang biasa mereka lakukan setiap hari, seperti makan sendiri, buang sampah pada tempatnya, mandi sendiri.

Saya pilih memantau lebih intensif kegiatan itu karena membentuk perilaku yang baik ternyata juga harus mengikutsertakan orang tuanya untuk belajar bersama. Ada target-target impian lainnya seperti, keterampilan literasi untuk si Kakak yang masuk usia sekolah dan lulus toilet training untuk si Adik, saya pendam dulu. Apakah saya bisa mengejar semuanya? Saya sedang tidak bersaing dengan ibu-ibu yang lain. Saya harus fokus hari ini lebih baik dari hari kemarin… Keep moving.

Setiap malam saya merencanakan, kegiatan buat anak-anak keesokan harinya, bekal di kelas pertama komunikasi produktif saya gunakan lagi, untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain serumah seperti, mbah kung dan mbah putri. Harus ekstra kerja keras agar bisa menjaga hubungan baik dengan mereka. Saya ingin meskipun lama tidak habis-habis makan paginya, si sulung bisa makan sendiri. Bagaimana? Saya harus bangun lebih pagi agar si sulung, sdh mandi dan siap makan, sebelum mbahnya ikut intervensi he he. TALK LESS DO MORE.

Konsistensi, motivasi dan teladan memang harus terus terlihat di perilaku saya sebagai orang tua. Naik turunnya motivasi harus saya atur penyalurannya agar tidak merugikan diri saya sendiri.

Apa yang saya lakukan bila rencananya saya yang terlalu mengangkasa itu tidak tercapai? Saya minta kepada yang Maha Pemberi Pertolongan agar tidak terjerumus terlalu lama dan diberi kekuatan dan kesempatan untuk menyiapkan bekal bagi anak-anak sampai mereka siap hidup di dunia fana ini. Gelar almarhumah akan siap di sandang karena amanah di dunia telah diselesaikan.
Rita Rahmawati

#AliranRasa

#BundaSayang

#MelatihKemandirian

#IIP

ALIRAN RASA SERI KEMANDIRIAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s